Waktu yang tepat untuk mancing ikan nila

3:09 PM by
Waktu yang tepat untuk mancing ikan nila - Hallo sahabat Umpan Mancing Mania, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Waktu yang tepat untuk mancing ikan nila, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hobi, Artikel Mancing, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga :


Waktu yang tepat untuk mancing ikan nila


Waktu yang tepat untuk mancing ikan nila biasanya di mulai pagi hari hingga siang hari karena ikan ini bukan merupakan ikan predator yang mayoritas nokturnal. Tetapi, apabila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal tidak ada salahnya mengetahui beberapa tips ini.

1. Ikan yang komunal
    Ikan nila merupakan ikan yang komunal, artinya ikan ini hidup secara bergerombol dari mulai yang masih kecil hingga dewasa. Tapi biasanya dalam satu spot(kolam, misalnya) apabila jumlahnya sudah cukup banyak, maka ikan ini akan membagi menjadi beberapa kelompok yang ukurannya lebih merata(biasanya). Sehingga apabila sudah mendapatkan satu ikan di satu spot, maka janganlah dulu berpindah ke spot yang lain dulu, karena pasti masih ada ikan lainnya di kelompoknya. Tapi beda halnya dengan jika kita memancing ikan nila di rawa atau sungai, biasanya jumlah kelompoknya hanya sedikit, sekitar 2-5 ikan dengan ukuran besar dan beberapa yang masih amat kecil.

2. Jam makan teratur
    Ikan nila memang memiliki waktu makan sepanjang hari, tetapi biasanya untuk indukan nila ukuran 1/2 Kg atau lebih memiliki jam makan yang lebih sedikit, yaitu hanya pagi dan sore hari, Berbeda dengan anakan nila ukuran 1/5 Kg kebawah atau sekitar 2-3 jari yang memiliki waktu makan sepanjang hari dan biasanya nafsu makan ikan nila dengan ukuran ini lebih besar dibandingkan dengan ikan nila yang sudah dewasa.


3. Ikan pemakan segala
    Ikan nila merupakan ikan yang omnivora alias pemakan segala, mulai dari lumut, lukut, jangkrik, cacing, rumput bahkan buah-buahan busuk yang tenggelam di air. Oleh karena itu mancing nila biasanya gampang gampang susah apalagi jika kita tidak tahu kebiasaan makan nila di spot tersebut. Biasanya ikan nila yang berada di kolam lebih cenderung suka pelet atau cacing, berbeda dengan ikan nila liar yang berada disungai, rawa, dsb. mereka cenderung lebih menyukai makanan seperti lukut.

4. Cuaca dan keadaan air
    Nafsu makan ikan nila sangat bergantung pada keadaan air dan cuaca. Biasanya ikan nila lebih berasa lapar saat cuaca panas setelah hujan, baik itu ikan nila sungai maupun kolam. Tetapi ada hal khusus untuk ikan nila kolam yang perlu diperhatikan. Terkadang sering didapati ikan nila yang bergerombol(biasanya mengambang disekitar permukaan) yang tidak memiliki nafsu makan terhadap umpan kita, itu disebabkan oleh kondisi air yg memiliki kadar oksigen rendah dikarenakan tidak ada atau kurangnya sirkulasi air di kolam tersebut. Cara mengakalinya cukup mudah, yaitu dengan memasukan air baru ke kolam agar kadar oksigen di kolam tersebut bertambah, dan buatlah airnya sedikit keruh.


Itu saja ulasan mengenai waktu mancing nila yang tepat, apabila ada tambahan, sanggahan, pertanyaan atau lain-lainnya dari sahabat pembaca, silahkan tulis di kolom komentar.


Demikianlah Artikel

Waktu yang tepat untuk mancing ikan nila

Sekian dari kami, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 komentar:

Post a Comment