Tips Merawat Senar PE

5:59 AM by
Tips Merawat Senar PE - Hallo sahabat Umpan Mancing Mania, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Merawat Senar PE, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hobi, Artikel Mancing, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga :


Tips Merawat Senar PE

Tips Merawat Senar PE

 Image result for senar Pe


Salam HookUp!

Senar PE atau braided adalah senar yang dibuat dengan cara menganyam atau menjalin beberapa helai fiber menjadi 1 jalinan, dan kemudian jalinan-jalinan tersebut dirajut lagi agar membentuk senar braid yang sempurna. Kenur atau senar braided termasuk dalam golongan senar multifilament. Karakter  utama senar pe adalah amat kuat, hampir tidak molor sama sekali saat kita tarik dan juga memiliki diameter yang amat kecil di banding dengan mono di kelas yang sama.



tips memancing dengan senar PE

Oleh karena itu Perbedaan Senar PE dengan senar nylon adalah terletak pada karakter ,matrial dan konstruksi senar PE yang multifilament sedangkan kenur nylon berkonstruksi monofilament.

Cara merawat senar pancing PE
Hal yang perlu diperhatikan dan Cara merawat senar pancing PE atau braided  yang berkarakter kuat ini adalah, pada saat kita melakukan penggulungan dan senar tidak mendapatkan tegangan senar yang cukup maka senar pe tersebut akan tergulung tidak rapi dan tidak padat didalam reel.

Kelemahan benang PE
Nah oleh karena hal yang telah disebutkan diatas  Akibat dan efek negatif dari penggulungan senar  yang tidak padat adalah bilamana anda sedang strike, tarikan oleh  ikan yang kuat akan mengakibatkan senar PE terselip dan masuk diantara gulungan rel joran  pada bagian senar yang longgar.

Yang lebih parahnya Persoalan yang muncul kemudian ialah saat kita melakukan lemparan berikutnya, senar anda bisa putus akibat terselip karena senar tidak bisa keluar secara bebas.
Kelemahan benang PE berikutnya adalah Senar PE akan membawa air yang lebih banyak saat melakukan penggulungan senar ke reel. Hal ini bisa menyebabkan kemungkinan oksidasi pada spool reel jika tidak dirawat dengan benar.

Oleh karena hal tersebut Cara merawat senar PE yang baik dan benar perlu anda ketahui dan pahami. Salah satu yang perlu anda lakukan karena permasalahan diatas adalah senar PE sesekali waktu perlu dikeluarkan dari spool reel secara berkala. Dengan tujuan  adalah untuk menghindari oksidasi pada spool reel, merawat senar PE dan menggulung ulang senar PE  supaya rapi dengan memberikan sedikit tekanan kenur  atau senar pada saat menggulung.
Khusus untu anda yang gemar memancing dilaut yang sering terjadi setelah memancing di laut adalah air asin memberikan akibat negatif yang lebih parah baik pada reel maupun pada senar braid atau PE.  Oleh karena itu anda perlu mengetahui juga Langkah-langkah perawatan Senar PE adalah sebagai berikut:
  1. Amati dengan mata, kualitas senar PE untuk 3m dan 10m pertama bagian paling luar. Hal yang perlu anda cermati adalah:
  • Apakah warna senar yang anda pakai sudah meredup dibandingkan dengan senar baru?
  • Apakah sudah ada banyak pelintiran ?
  • Apakah senar PE anda sudah berbulu?
Jika salah satu dari jawaban diatas adalah ya, maka disarankan untuk memotong dan membuang senar terdepan sebanyak 3m – 10m karena bagian ini yang biasanya pemakaiannya paling berat dan biasanya kualitas senar di depan yang dropp nya paling sering.
Untuk senar yang multicolour, bisa di potong pas di titik dimana warna senar berubah sehingga fungsi pengukuran panjang senar tetap bisa dipakai.

 Monofilament Fishing Line
  1. Siapkan Spoll atau temapat gulungan yang berfungsi sebagai  tempat dimana senar akan digulung setelah senar dikeluarkan.Siapkan juga air bersih dan kain untuk membersihkan senar danspool. 
  2. Gulung senar kespoolsementara, saat penggulungan senar bisa dibersihkan dengan cara menempelkan  kain basah terhadap sensr sehingga segala kotoran yang melekat pada senar bisa dihilangkan
  3. Coating ulang pada senar PE atau melapisi cairan khusus, bisa dilakukan pada waktu senar dibersihkan, biasanya ada jeniscoating PE yang khusus untuk melapisi senar PE.
  4. Bersihkan dan keringkanlah spool reel anda.
  5. Pastikan kembali senar PE anda sudah kering dan bersih sebelum digulung kembali ke dalamspool reel anda


Dengan melakukan tips merawat senar PE  diatas, spool reel anda akan terhindar dari oksidasi dan kita juga bisa memastikan senar PE tetap dalam kondisi optimal, dan siap untuk berhadapan dengan ikan ikan predator saat Strike.

fish predator
Cara Perawatan senar pancing PE dan perawatan reel adalah bagian dari mancing yang bisa kita nikmati.

Salam HookUp!





Demikianlah Artikel

Tips Merawat Senar PE

Sekian dari kami, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 komentar:

Post a Comment