Cara menggunakan Baitcast reel

11:32 AM by
Cara menggunakan Baitcast reel - Hallo sahabat Umpan Mancing Mania, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara menggunakan Baitcast reel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel alat pancing, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga :


Cara menggunakan Baitcast reel



Untuk casting menggunakan Baitcast reel perlu lurenya agak berat. Sekitar 1/4oz (7gr) keatas karena berat lemparan lurenya harus melewati berat spool dan linenya. Casting pake lure ringan susah sekali, hampir setiap cast akan terjadi backlash.
Angin adalah salah satu problem untuk Baitcast reel soalnya waktu casting lawan angin, lure yg dicast akan jadi lebih pelan dari line yg keluar dari spool dan ini adalah yg bikin backlash. Makanya magnetic brake, centrifugal brake dari system Baitcast reel dan jempol anda harus yg jago Latihan terus dan tidak akan terjadi backlash.
Ayo belajar menggunakan Baitcast :
1.Pastikan reel baitcasting telah diisi tali secukupnya dan pasangkan gulungan pada joran
2. Gunakan minnow / lure dengan berat diatas 7gram
3. Sekarang hal yang paling penting adalah bagaimana untuk mengontrol kecepatan spool sehingga tidak menyebabkan backlash saat casting. caranya adalah dengan mengatur Spool tension knob dan brake. Disini harus belajar menyesuikan 2 komponen tersebut.
a) Pertama s
esuaikan Magnetik brake ke tingkat paling maksimum. Biasanya pada brake tu ada no 1 sampai 10. Sesuaikan sampai ke no 10 (maksimum)
b) Kemudian kencangkan Spool tension Knob ke maksimum untuk berikan tekanan pada spool.
c) T
egakkan joran dalam 120 derajat. Setelah itu tekan thumb bar supaya spool dapat berada dalam kondisi bebas. Minnow / lure yang tergantung di ujung joran tidak akan jatuh ke tanah karena spool tension knob berada pada tingkat maksimum yang menyebabkan spool tidak berputar.
d) Kemudian, longgarkan sedikit spool tension knob sedikit demi sedikit sehingga Minnow / lure bergerak turun ke bawah. Pastikan saat Minnow / lurejatuh ke tanah, spool juga berhenti berputar.
e) Setelah itu, lakukan lemparan pertama. Lemparan ini sudah pastinya Minnow / lure tidak akan jauh dan juga tidak  akan backlash.
f) Kemudian sesuaikan Magnetic brake ke tingkat minimum sedikit demi sedikit. Sebagai contoh, pada awalnya Magnetic brake berada pada no 10 (maksimum), kemudian atur ke no 8. Cobalah sekali lagi tersebut. Jika tidak backlash lakukan hal yang sama dengan menyetel brake ke no 6 dan seterusnya.
g) Sering paling minimum brake harus berada posisi no 2 atau 3. Jika terlalu minimum pasti akan terjadi backlash.
h) Jika lemparan tidak terjadi backlash, ini berarti telah mendapatkan setting yang sesuai untuk reel baitcasting.
 Catatan penting :
Jika terjadi backlash diawal lemparan ini berarti Magnetic brake perlu atur ke maksimum sedikit demi sedikit. Jika backlash terjadi di akhir lemparan setelah lure  jatuh ke air, kencangkan sedikit cast control knob anda.
jika lure weight tergolong cukup ringan,maka belajarlah untuk tidak menggunakan centrivugal. Di karenakan laju spool harus lebih ringan untuk long cast. Jadi cukup brake manual(jempol) saja dan cast control yang di gunakan

Untuk Skematik diagram Reel Baitcast silahkan lihat DISINI
Berbagi pengalaman seputar mancing Teknik mancing, Umpan pancing, Video mancing

Demikianlah Artikel

Cara menggunakan Baitcast reel

Sekian dari kami, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 komentar:

Post a Comment