Mengenal bagian joran

6:25 AM by
Mengenal bagian joran - Hallo sahabat Umpan Mancing Mania, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal bagian joran, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel alat pancing, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga :


Mengenal bagian joran



Bagian-bagian joran
a. Blank : Bagian utama joran berupa batang panjang yang terbuat dari material tertentu (fiber, karbon, komposite, bambu, dll)
b. Reel seat : dudukan reel pada joran (reel/kerekan nanti dibahas selanjutnya)
c. Butt : sesuai artinya, bagian bawah joran, tempat dimana terdapat reel seat. bagian tempat dipegang oleh pemancing.
d. Line guide (ring guide/marit) : bagian tempat keluarnya senar dari reel. (akan dibahas lebih lanjut setelahnya)
e. Ferrule : Bagian untuk menyambung joran (biasanya pada joran 2 section, 3 section, dst)

Material joran
a. Fiberglass : bahan yang sangat kuat, lentur, tapi berat, Lifting power rendah (apa itu lifting power dibahas selanjutnya)
b. Graphite : bahan yang kuat, ringan, tapi cenderung mudah retak (rapuh), mudah patah, lifting power kuat, lebih sensitif merasakan gigitan ikan.
c. Komposit : terminologi sederhananya campuran antara graphite dan fiberglass, kuat, cukup ringan, cukup lentur. (Sementara kita fokus dulu pada bahan Fiberglass dan graphite)

Power dan action rod
a. Power Rod : bisa didefinisikan sebagai kemampuan/kekuatan joran dalam daya angkat (lifting power). Biasanya dibagi menjadi 3 bagian. Light (L), Medium (M), dan Heavy (H).
b. Action Rod : action atau bentuk dari joran ketika menerima beban. Berkaitan erat dengan tapper (dari salah satu forum mancing, memberikan definisi rasio/perbandingan dari ketebalan joran dari ujung bawah (butt) ke bagian teratas (top) joran). Biasanya dibagi jadi 3 :
-Fast tapper : hanya di sedikit bagian ujung joran yang melengkung
-Medium tapper : melengkung hingga bagian tengah joran
-Slow tapper : melengkung hingga bagian butt joran
Action rod sangat berpengaruh dalam proses memancing. salah satunya ketika melempar (casting).
Joran yang fast tapper, cenderung memiliki akurasi lemparan lebih tinggi dari medium/slow, tapi mengorbankan jarak lemparan.
Joran yang medium/slow tapper, cenderung memiliki jarak lemparan yang lebih jauh dari fast, tapi mengorbankan akurasi lemparan.
Hal lainnya adalah ketika menggentak. Joran fast tapper cenderung lebih cepat hook up daripada medium/slow, terutama pada teknik mancing heavy duty seperti jigging/popping (hal ini masih bisa diperdebatkan)

Tipe/model joran
a. Spinning rod (joran sejuta umat)
Joran yang umum digunakan pemancing di indonesia. model jorannya dari teleskopik, 1 section, 2 section, dst.

b. Baitcasting rod (overhead)
Joran yang memiliki posisi berkebalikan dari spinning rod. Rod jenis ini harus menggunakan baitcasting reel (overhead reel) Cara mudah membedakan spinning dan baitcasting (overhead) rod adalah dengan melihat bagian reel seat, pada joran baitcasting terdapat semacam trigger (seperti pelatuk pada pistol). yang fungsinya sebagai pegangan pada tangan ketika menggunakan baitcasting reel/overhead reel.
Ring guide pada rod model ini jauh lebih banyak daripada spinning rod, hal ini karena ketika joran tipe ini mendapat beban, posisinya akan menengadah, maka agar senar tidak membentur blank, diperlukan ring yang lebih banyak.

c. Pole rod (tegek)
Joran tanpa ring guide dan reel seat, berisi beberapa section yang bisa dimasukkan dalam bonggol joran, mirip juga dengan konsep joran teleskopik.
Biasanya panjang dari 2-7 meter. Bagian ujung joran terdapat sebuah benang (biasa di sebut dacron) untuk menambatkan tali yang digunakan untuk memancing.
Biasanya panjang tali yang digunakan sama dengan panjang joran. Joran tipe ini banyak digunakan untuk mancing mujaer, nila, di empang, atau mancing rabitfish (baronang) di laut.

d. Joran Teleskopik
Joran yang tersusun dari beberapa section, dimana tiap ujung section memiliki line guide (ring/marit). Joran yang ringkas untuk dipakai. Cocok dipakai untuk pemancing yang ingin hemat tempat, karena bisa disimpan didalam tas.
Joran tipe ini tergolong kurang kuat, karena distribusi beban yang diterima tidak maksimal (karena banyaknya section).
berikut adalah macam-macam joran teleskopik.
a. Standar :
– panjang 1 – 2.1 meter : biasa digunakan di empang atau kolam.
– panjang 2.1 – 4.5 meter : biasa digunakan di pinggir laut / sungai besar.
b. Surfcast :
– panjang bisa mencapai 3-5 meter : biasa digunakan pasiran (surf fishing) /karangan (rock fishing), maritnya biasanya bisa dilipat shingga mudah dibawa.
c. ISO (penuntun senar kecil)
– panjang 1-4.5 meter, biasa digunakan memancing udang di sungai atau di laut. ciri maritnya kecil-kecil.

Berbagi pengalaman seputar mancing Teknik mancing, Umpan pancing.

Demikianlah Artikel

Mengenal bagian joran

Sekian dari kami, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 komentar:

Post a Comment